Saturday, March 7, 2015

Wisata pantai balekambang malang selatan yang eksotis


Pantai Balekambang Malang – Bagi anda yang gemar ke pantai sebagai ikon liburan anda. Maka untuk kali ini tak ada salahnya jika objek pantai anda kali ini adalah Pantai Balekambang Malang.
Bagi warga Jawa Timur pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Pantai Balekambang Malang ini terletak di daerah Selatan Kota Malang, tepatnya di Kecamatan Bantur kurang lebih 65 km.
Fasilitas yang terdapat di Pantai Balekambang ini cukup memadai. Mulai dari tempat camping ground, kios cendramata, mushola rumah makan, bumi kemah pramuka mck, kantor informasi, parkir yang luar, bungalow sedernaha, hingga pendopo.
http://tempat-wisata-jatim.blogspot.com/2015/03/pantai-balekambang-malang.html

Pantai Balekambang Malang ini membentang 2 km dengan lebar 200 meter ke arah laut. Serunya pantai ini tidak memiliki batu karang, sehingga ombak yang datang langsung menerpa kaki ngalamers.
Yang mana biasanya kalau banyak terdapat karang itu jika menerpa kaki kadang tarasa sakit dan tidak nyaman bahkan jika ombak besar dan terpaannya kuat bisa membuat kaki yang terkena hempaan karang terluka. Namun tidak untuk Balekambang Malang ini.
Daya tarik lain dari Pantai ini adalah karena terdapat sebuah pura yang megah yang terletak di Pulau Ismoyo. Ngalamer dapat dengan mudah menuju pura ini karena terdapat sebuah jembatan panjang yang menghubungkan bibir pantai ke pura ini.
Tapi ada yang perlu diperhatikan bagi wanita yang sedang haid atau datang bulan tidak boleh memasuki kawasan pura ini. Karena pura ini merupakan tempat suci bagi umat Hindu.
Dan bagaimana pun juga agar semua pengunjung harus mematuhi peraturan dan menghormati kepercayaan dari masyarakat setempat agar juga terhindar kemungkin yang tidak diinginkan.
Karena dari rumor yang beredar dari kepercayaan penduduk setempat apabila ada wanita yang memasuki kawasan pura dalam keadaan tidak suci atau sedang haid maka akan dimasuki oleh roh penunggu pura.
Selain pulau Ismoyo dengan pura-nya, Pantai Balekambang ini juga memiliki 2 pulau lainnya yaitu pulau Anoman dan Pulan Wisanggeni. Jika anda ingin menikmati keramaian di Pantai Balekambang. Itu bisa berkunjung pada bulan Suro.
Karena, pada bulan Suro di Pantai Balekambang ini dilakukan suatu upacara Suroan dan Jalanidhi Puja yang mana selalu dilakukan dan menjadi suatu upacara adat turun menurun oleh penduduk sekitar pantai ini.
Mungkin untuk upacara suroan seperti ini tidak hanya dilakukan oleh masyarakat sekitar Pantai Balekambang. Tetapi juga pada masyarakat lain dan di Pantai lain yang juga melakukan upacara yang serupa.
Karena ini sudah menjadi suatu tradisi dan kepercayaan dari masyarakat untuk tetap harus menjalani tradisi adatnya. Sebab jika tidak dijalankan maka menurut kepercayaan mereka akan ada semacam musibah yang akan melanda.
Seperti gagal panen bagi para petani, banjir, kekeringan ataupun musibah lainnya. Sehingga para masyarakat sekitar tidak berani meninggalkan tradisi suroan ini. Selain untuk menghormati para leluhur yang telah menjalani tradisi juga agar terhindar dari musibah.
Untuk menuju ke pantai Balekambang ini anda bisa menempuh dua rute yang berbeda. Satu bisa lewat melalui kecamatan Gondanglegi dan Kecamatan Bantur batu ke Desa Srigonco.
Untuk rute lainnya itu bisa melewati Kecamatan Kepanjen, kemudian ke arah Pagak. Lalu dari Pagak anda bisa mengambil jalan yang mengarah ke Kecamatan bantur. Namun, sayangnya anda perlu sangat berhati-hati dalam perjalanan menuju pantai Balekambang ini karena jalannya tergolong buruk.
Sehingga dibutuhkan konsentrasi dan hati-hati yang sangat tinggi dalam berkendara. Karena terdapat bagian jalan yang sudah rudak parah dan penuh lubang yang berbaya bagi perjalanan.
Namun, semua kesulitan dalam perjalanan akan terbayar dengan keindahan yang diberikan oleh Pantai Balekambang Malang selamat berkunjung di pantai tersebut dan selamat menikmati keindahan alamnya. Baca juga tempat-tempat wisata pantai lainnya; "wisata pantai ngeliyep malang" dan "wisata pantai goa cina".

No comments:

Post a Comment